Fungsi Sand Filter

Dalam lingkup Pengolahan Air / Water Treatment, Filtrasi adalah bagian utama dari Proses Fisik / Physical Process untuk menurunkan kandungan Suspended Solid yang ada di dalam air. Air yang akan disaring mengalir melalui media filter, yang mengakibatkan padatan tersuspensi tertahan oleh media filter ini.

Tangki Sand filter adalah tangki yang dirancang sebagai penyaringan air yang mengandung partikel suspended solid (TSS) sehingga air dapat berkurang terlihat bersih dan berkurang tingkat kekeruhannya yang disebabkan oleh partikel-partikel yang tersuspensi tersebut.

Partikel Tersuspensi pada air bisa berupa lumpur, tanah, endapan/sedimen, zat besi dan mangan yang tersuspensi, dan zat kapur yang tersuspensi. Partikel tersuspensi pada air secara visual terlihat sebagai kotoran yang melayang-layang di dalam air dan atau mengapung di permukaan.


Fungsi Sand Filter


Media Sand Filter

Tangki Sand Filter diisi dengan beberapa lapisan media dan dengan tingkat luasan pori-pori yang berbeda, yaitu :

  1. Coral/Gravel : Sebagai lapisan pertama, berfungsi agar nozzle strainer tidak cepat mengalami penyumbatan/clogging akibat penumpukan suspended solid / sumbatan akibat pasir halus yang menutupi permukaan nozzle strainer.
  2. Silica Sand : Sebagai lapisan kedua yang memiliki tingkat kehalusan tertentu, bertujuan untuk menahan sedimen / padatan yang ada di dalam air.

Dengan bertambahnya masa pakai atau jam operasional, perbedaan tekanan diferensial antara saluran masuk dan keluar filter meningkat untuk aliran volume tertentu, karena lebih banyak padatan yang tertahan di dalam media filter. Akhirnya, media filter perlu dicuci kembali atau diganti jika kondisinya tidak memungkinkan untuk digunakan kembali.

Pencucian media filter dilakukan dengan cara mengatur keran / valve agar air mengalir secara terbalik ( Backwash ) sehingga media teraduk secara sempurna dan suspended solid dapat terlepas dari mediumnya dan keluar melalui saluran pembuangan yang telah disediakan.

Ikuti petunjuk yang ada pada buku manual agar tidak terjadi kesalahan dalam pada prosedur pengoperasian, prosedur perawatan, dan prosedur perbaikan.

Aplikasi Sand Filter

  • Menghilangkan padatan tersuspensi / suspended solid pada air yang berasal dari air permukaan atau air sumur ,
  • Menghilangkan kadar besi dan mangan pada air yang telah dilakukan oksidasi pada proses awal,
  • Menghilangkan senyawa organik ( Total Organic Carbon ) pada air yang telah dilakukan flokulasi sedimentasi pada proses awal,
  • Sebagai filter sirkulasi pada sistem pendingin ( Cooling Tower ) yang bertujuan untuk membatasi kadar suspended solid dalam air yang digunakan pada sistem pendingin.

Pilihan Material Sand Filter

  • Fiber Reinforced Plastic (FRP)
  • Mild Steel (Coated)
  • Stainless Steel

Pilihan Sistem Pengoperasian Sand Filter

  • Manual / Automatic with Pneumatic or Motorized Valve
  • Manual Multiport Valve 3 Way
  • Automatic Multiport Valve 3 Way